Local Area Networks, Metropolitan and Wide Area Networks

Topic starter : Rabu, 30 Maret 2012 (09:15 pm)

Local Area Networks (LAN)

Local area network adalah jaringan komputer yang jangkauan jaringannya melingkupi wilayah yang kecil, seperti jaringan komputer rumah, warnet, perkantoran, kampus, sekolah, dll. Kebanyakan LAN terbatas pada satu bangunan atau sekelompok bangunan, namun, satu LAN dapat dihubungkan ke LAN lain melalui saluran telepon dan gelombang radio. Sistem LAN yang terhubung dengan cara ini disebut Wide-Area Network (WAN). Kebanyakan LAN menghubungkan workstation dan komputer pribadi. Setiap komputer pribadi di sebuah LAN memiliki CPU sendiri dengan yang dijalankan sebuah OS, tetapi juga mampu untuk mengakses data dan perangkat mana saja lewat LAN, seperti printer laser, serta sharing data.

Pengguna juga dapat menggunakan LAN untuk bermain game bersama teman. LAN mampu mentransmisikan data pada tingkatan yang sangat cepat, jauh lebih cepat dari pada dikirim melalui saluran telepon, tetapi jaraknya terbatas, dan ada juga batas pada jumlah komputer yang dapat dilampirkan pada LAN. Saat ini, banyak LAN yang berbasis teknologi Ethernet IEEE 802.3, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk sebuah LAN.

Metropolitan Area Network (MAN)

Metropolitan Area Network (MAN) adalah jaringan yang menghubungkan user dengan komputer dalam suatu wilayah geografis atau wilayah yang lebih besar dari yang bisa dicakup oleh Local Area Network (LAN) tetapi lebih kecil dari daerah yang biasa dicakup oleh Wide Area Network (WAN). Istilah ini diterapkan pada jaringan di sebuah kota menjadi satu jaringan besar tunggal (yang mana kemudian juga menawarkan koneksi yang efisien untuk wide area network). Hal ini juga digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan local dan menjembatani mereka dengan backbone lines.

Wide Area Networks (WAN)

Suatu Wide Area Network (WAN) adalah jaringan telekomunikasi yang mencakup area yang luas yaitu, jaringan apapun yang menghubungkan seluruh metropolitan, regional, atau batas-batas nasional. Pada dasarnya mode telekomunikasi ini memungkinkan untuk menjalankan bisnis secara efektif tanpa dibatasi oleh tempat. Komputer yang terhubung ke jaringan yang luas sering terhubung melalui jaringan publik, seperti sistem telepon. Mereka juga dapat terhubung melalui leased line atau satelit.

 

Sumber:

http:// webopedia.com

http://diebazt.wordpress.com

http://searchnetworking.techtarget.com

http://en.wikipedia.org

http://www.stie-mce.ac.id/