Mengapa Kita Akan Menggunakan Open Source?

ImageTopic starter : Rabu, 28 Maret 2012 (05:16 pm)

Apa itu Open Source

Open Source adalah gerakan yang berlandaskan semangat kebebasan, bahwa teknologi tidak seharusnya di sembunyikan atau hanya dikuasai oleh segelintir orang demi alasan rahasia perusahaan. Gerakan ini di pelopori oleh Richard Stallman pada tahun 1990-an. Kini, gerakan Open Source ini merupakan kerja sama sedunia yang melibatkan jutaan hackers. Mereka semua sukarela membuat bagian-bagian perangkat lunak yang kemudian bisa di padukan secara sinergis menjadi sistem operasi dan aplikasi yang lengkap. Itu semua berguna bagi manusia, dan juga membuka kesempatan bagi semua orang untuk mempelajari teknologinya.

Umumnya, suatu program dengan lisensi Open Source berarti program tersebut membuka Kode Programnya bagi siapa saja yang ingin mempelajarinya, caranya dengan menyertakan kode program bersama dengan distribusi paket program yang sudah jadi (hasil kompilasi). Dengan penyertaan kode program tersebut, pembeli atau pengguna program dapat membedah program tersebut, melakukan modifikasi sesuai dengan kebutuhannya, bahkan memperbaiki -Bug- atau kesalahan logika dalam program tersebut. Contoh program yang menggunakan program Open Source adalah Linux. Dalam setiap distribusinya vendor Linux juga menyertakan Kode Program Linux.

Perbedaan Open Source dengan Closed Source

Pada program yang -Closed Source-, paket program tidak dapat didistribusikan lagi selain oleh pembuat / vendor program tersebut. Jika ada distribusi yang bukan oleh vendor program tersebut, maka itu dianggap sebagai pembajakan software. Atau dengan kata lain program yang -Closed Source- tidak dapat didistribusikan secara bebas, kecuali oleh vendor program tersebut. Sedangkan software yang Open Source, dapat didistribusikan secara bebas oleh siapapun. Paket program juga dapat digandakan secara bebas.

Tujuan Open Source sebenarnya adalah ingin menghilangkan ketergantungan terhadap vendor program, dimana vendor bisa saja bertindak seenaknya. Dalam program yang -Closed Source- vendor bisa saja menyisipkan kode – kode yang mungkin dapat membahayakan pengguna program, dan menghilangkan privasi pengguna.

Selain itu, Open Source juga bertujuan menyediakan software yang mudah dijangkau oleh masyarakat luas, dan menghindari pengerukan keuntungan yang berlebihan oleh vendor.

 

Mengapa Kita Menggunakan Open Source?

 

1.       Bebas Disebarluaskan

Maksudnya disini adalah, kita tidak perlu lagi khawatir tentang lisensi, tidak seperti microsoft  yang harus membeli lisensi microsoft terlebih dahulu jika kita mau memakainya. Jadi, dengan lisensi Open Source ini kita tidak perlu lagi khawatir bila kita mau menjual, memberikan software tersebut kepada teman kita atau memakainya pada komputer yang banyak. Tapi, satu hal yang perlu ditekankan adalah bahwa program / software yang Open Source tidak selalu tersedia secara gratis. Tetap ada biaya yang dikeluarkan untuk membeli program tersebut. Contoh, misalnya Sistem Operasi RedHat Linux, program Linuxnya tetap dibeli dengan harga yang murah.

2.       Membuat Kita Lebih Kreatif

Dengan Open Source kita dapat mempelajari cara kerja perangkat lunak yang dibuat seseorang, atau memodifikasinya sehingga menjadi perangkat lunak yang lebih bagus. Bahkan dengan Open Source kita juga bisa membuat produk yang sekelas dengan perusahaan berskala raksasa seperti Microsoft.

3.       Hemat Biaya

Kita tahu kalau kita mau memakai produk-produk dari microsoft atau semacamnya yang benar-benar legal, kita harus  mengeluarkan uang yang banyak untuk membeli software-software untuk dapat memakai software yang dibuat microsoft. Lain halnya dengan Open Source, prodk-produk Open Source sudah tidak memerlukan tambahan biaya lagi, kita hanya tinggal men-downloadnya di komputer kita lewat internet.

4.       Meningkatkan Citra Negara

Dalam hal legalitas, pembajakan dapat menjadikan citra negara menurun. Dan ini secara tidak langsung dapat membawa dampak yang buruk pada hubungan dagang antara negara lainnya. Dan repotnya, di tahun 2009 ini Indonesia kembali masuk dalam daftar Priority Watch List.

 

Nah, sekarang kita tahu mengapa kita menggunakan software Open Source, selain hemat biaya(cocok buat kantong mahasiswa), kita juga dapat membuat citra negara Indonesia tercinta baik di mata dunia, sebab di negara kita tidak ada yang namanya software bajakan(Pirate). So, inilah pembahasanku tentang “mengapa kita menggunakan teknologi Open Source”. Terima Kasih.

 

Edited : Selasa, 10 April 2012 (07:25 pm)

Sumber :

http://dedenthea.wordpress.com/2006/12/11/apa-itu-open-source/

http://en.wikipedia.org/wiki/Open_source

 

http://www.stie-mce.ac.id/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s