ROLE PLAYING (BERMAIN PERAN)

Kemarin siang, tepatnya tanggal 1 November 2011, jam 12:25 WIB , kami kelompok Management A, mengadakan Role Playing tentang Management Perusahaan P.T. ENAK MANTAP, dengan Kelompok 5 memerankan tim manajemen Perusahaan P.T. ENAK MANTAP (Perusahaan saos-sambal yang limbahnya mengotori sungai warga), Kelompok 1 dan 2 berperan sebagai pihak masyarakat, dan sedangkan Kelompok 3 dan 4 berperan sebagai pihak Pemerintah (BLH), Role Playing ini bertujuan supaya kami sebagai mahasiswa dapat mempraktekkan teori2 management yang telah diterimanya di perkuliahan dengan berperan sebagai tokoh tertentu dalam skenario yang telah dibuat oleh “dalang” Ibu Rina Irawati sesuai dengan kenyataan yang terjadi di lapangan.

Dari awal Role Playing, saya sudah merasakan bahwa Role Playing ini akan menarik dan menyenangkan, dan benar, dari awal hingga akhir, Kelompok yang berperan sebagai pihak masyarakat terus menerus mengeluarkan aspirasi yang lucu2, hingga ada satu warga perempuan yang berperawakan gemuk selama Role Playing berlangsung, ngotot dengan aspirasinya supaya didengar oleh tim management Perusahaan ENAK MANTAP.

Selama Role Playing, dijelaskan bagaimana tim management Perusahaan P.T. ENAK MANTAP menangani keluhan2 masyarakat yang tinggal di sekitar pabrik, seperti penanganan terhadap limbah yang belum di sterilkan di buang ke sungai di sekitar perumahan warga, dan peringatan dari BLH, hingga akhirnya tim management Perusahaan P.T. ENAK MANTAP melakukan CSR di sekitar pabrik sesuai tuntutan warga sekitar.

Kesan2 saya dari Role Playing Management ini, pertama sangat menarik, menyenangkan, terutama pada waktu ada salah satu warga perempuan yang gemuk mengajukan aspirasi dengan ngotot, luar biasa. Dan pesan yang dapat saya ambil disini adalah, walaupun kita memiliki perusahaan yang sangat besar dan sudah berdiri selama 5 tahun, tetap kita harus memperhatikan kesejahteraan warga masyarakat dengan mengadakan CSR di sekitar persuhaan kita, jangan sampai limbah yang kita buang ke sungai, mencemari lingkungan hidup.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s